TIPS MERAWAT PRINTER INFUS

Printer berinfus pada umumnya sangat bermanfaat bagi kita, diantara manfaat itu ialah - Cartridge (tempat tinta) bisa dipakai selama masih sehat - TInta tidak cepat habis. Sedangkan Masalah yang sring timbul yaitu -gejala "masuk angin", di amana ada gelembung udara di pipa tinta sehingga supply tinta tidak lancar, yg pada
  akhirnya printer tidak bisa keluar gambar
- Kualitas tinta refill, bagaimanapun tidak sebagus tinta asli, ini berpengaruh pada kualitas cetakan


Pengalaman saya malah lebih banyak ribetnya daripada enaknya. Bahkan saya pernah ngalami printer baru langsund pasang infus, usia printer cuma bertahan 2 bulan trus mati total. Mending pakai suntikan manual saja. Untuk mengatasi cartridge warning, sangat mudah dilakukan dengan program2 resetter gratisan.

  1. Tempatkan tabung infus sejajar dengan kepala printer Anda. Hal ini bertujuan agartekanan isap dari hed printer yang mengambil tinta tidak terlalu sulit atau terlalu mudah (Seimbang). Jika ada gelembung udara di selang hanya menggunakan fasilitas "membersihkan" perangkat lunak printer Anda. Jadi, tinta kosong akan diisi ulang terakhir kali. Jika setelah membersihkan tinta masih tidak sampai, kemudian mempertimbangkan apakah ada bocor selang, atau elbownya ada siku robek rusak / retak, atau karet juga menderita. Jika selang robek, cobalah lubang ditambal. Jika elbownya rusak, kemudian menggantinya dengan siku baru. Atau karet robek juga mengganti dengan yang baru. Satu hal yang perlu diperhatikan juga, ketika Anda angkat tabung infus tinggi maka itu adalah kesalahan, karena tinta akan mengisi banyak ke cartridge dan akan menyebabkan penuh tinta dalam kepala printer. Sementara meningkatkan selang atau siku pertama silahkan dasi dengan selang karet atau lakban agar tinta tidak meluber kemana-mana.
  2. Jika kualitas cetak tidak memuaskan, coba cek nozel cetak. Perhatikan apakah tinta bisa keluar semua atau tidak. Cobalah untuk melakukan pembersihan sekali atau dua kali. Jika ada tinta yang tidak muncul kemungkinan ada penyumbatan di celah kepala printer Anda. Cara mengatasinya adalah:
    - Ikat selang pertama untuk tinta tidak meluber.
    - Lepaskan selang dan elbownya cartridge printer.
    - Ambil selembar tissue dan mencoba untuk tetap di kepala beberapa kali sampai tinta muncul ditissue.
    - Jika tinta masih tidak muncul-muncul mencoba untuk mengambil gambar dan hembuskan udara dengan injeksi perlahan melalui lubang sampai kartrid tinta keluar.
    - Bila tinta dapat keluar dengan lancar, tetapi tidak muncul saat mencetak, maka memompa tinta di dalam cartridge yang bermasalah. Dalam cartridge baru harus diganti, karena tidak dapat diperbaiki. Hal ini karena desain cartridge disegel dengan kepala printer. Ketika dibuka, arus
    - Menutupnya kembali akan ada celah yang mengakibatkan udara masuk sehingga tabung infus tidak akan bekerja secara normal.
    - Bila Anda telah selesai membuat layanan infus Anda, pasang kembali selang dengan benar, tidak mendapatkan selang tertangkap saat printer digunakan.
  3. Ketika Anda baru pertama kali menggunakan tinta infus, maka waktu akan muncul pesan kesalahan yang menyebabkan Anda tidak bisa mencetak. Ini adalah normal, karena cartridge didesain oleh produsen untuk memiliki umur cetak. Solusinya adalah dengan menekan dan tahan tombol resume pada printer selama 5 detik. Jadi printer akan kembali mencetak seperti biasa. Tujuan menekan resume, adalah mengabaikan pesan error tinta habis.
  4. Jangan kaget jika Anda menemukan bahwa status tinta di komputer anda menjadi kosong setelah mencetak waktu yang lama, namun Anda masih banyak infus tinta. Hal ini disebabkan oleh sistem pemantauan didasarkan ink counter cartridge dicetak diatas kertas. Tidak banyak pemantauan berbasis konten kartrid tinta. Jadi biarkan saja Status tinta kosong Anda, toh Anda masih dapat mencetak.
  5. Jangan melakukan pembersihan terlalu sering, karena akan mengakibatkan debit penuh reservoir tinta printer. Hal ini biasanya ditunjukkan oleh Absorber kesalahan Penuh. Jika penyerap printer penuh, maka Anda harus mengganti peredam dengan printer baru atau pengeringan tinta knalpot manual, dengan membongkar printer Anda. Tinta dalam berbentuk printer absorber spons berbentuk panjang balok dan terhubung dengan saluran pembuangan tinta printer selang. Jika Anda memiliki apa-apa dengan absorber printer, printer juga masih menampilkan pesan error. Solusinya adalah untuk reset counter absorber untuk printer Anda. Untuk tipe Canon IP1980, iP1880, IP1700, IP1300, IP1200, cara mereset absorbernya sebagai berikut:
    - Matikan printer Anda terlebih dahulu (Power Off)
    - Cabut powernya
    - Tekan dan tahan powernya
    - Sambil menahan tombol powernya, pasang kabel powernya kembali.
    - Sambil menahan tombol powernya, tekan tombol resume 2x
    - Lepaskan tombol powernya
    - Hidupkan printer
    - Pengaturan penyerap printer Anda akan kembali 0
  6. Selalu menutupi Anda kembali infus setelah menggunakan printer. Hal ini dimaksudkan bahwa tidakmengalir tinta perlahan ke cartridge (tinta Lock) 

    Demikian Sedikit Tips Tentang Maintenance Printer berinfus.


    Sumber : http://tech-informers.blogspot.com/2011/01/maintaining-infused-printer.html 

1 comments:

gan tanya donk...
kalo warna ngga jelas pas di print tu knp ya??
thanks...
Usahaini.com Healthy Shop

Reply

Post a Comment

Kritik dan saran postingan

About